Leftungun, Martha Yeni (2023) PENGARUH METODE BECERITA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SANTO YUSUP TROPODO SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (311kB)
3. BAB 1.pdf
Download (328kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (309kB)
9. LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Yeni, Martha Leftungun. 2022. Pengaruh Metode Bercerita
Terhadap Perkembangan Nilai Moral dan Agama Pada
Anak Kelompok B Di TK Santo Yusup Tropodo Sidoarjo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. Ahmad Fachrurrazi,
M.Pd.
Kata Kunci: Metode Bercerita, Nilai Moral dan Agama, Anak
Usia Dini.
Penelitian ini dilakukan atas dasar latar belakang masalah
betapa pentingnya penanaman nilai-nilai agama dan moral pada
anak-anak usia dini. Penanaman nilai-nilai agama dan moral ini
dapat dilakukan dengan menanamkan karakter positif yang akan
melekat pada diri seorang anak sehingga anak akan tumbuh
menjadi generasi yang beragama, beradab, bermoral dan
bermartabat. Guru dapat menggunakan metode bercerita dalam
menanamkan nilai-nilai tersebut.
Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan
kuantitatif dengan Pre-Experimental One Group Pretest-Postest
Design pada sampel sejumlah 18 anak kelompok B1 usia 5-6 tahun
TK Santo Yusup Tropodo Sidoarjo.
Hasil analisis data menunjukkan nilai t-hitung sebesar 21,61
lebih besar dari indeks t-tabel 1.73961 untuk taraf signifikansi 0,05,
dan 2.56693 untuk taraf signifikansi 0,01 maka Hipotesis Nol (H0)
ditolak, sehingga hipotesis kerja (H1)diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita terhadap
perkembangan nilai moral dan agama pada anak kelompok B usia 5-
6 Tahun di TK Santo Yusup Tropodo Sidoarjo.
vii
ABSTRACT
Yeni, Martha Leftungun. 2022. The Effect of Storytelling Methods
on Development Moral and Religious Values in Group B
Children at Kindergarten Santo Yusup Tropodo Sidoarjo.
Thesis for Early Childhood Education Teacher Education
Study Program, Faculty of Pedagogy and Psychology,
Universtias PGRI Adi Buana Surabaya. Advisor: Drs. Ahmad
Fachrurrazi, M.Pd.
Keywords: Storytelling Method, Moral and Religious Values,
Early Childhood.
This research was conducted based on the background of the
problem of how important it is to instill religious and moral values in
early childhood. Instilling these religious and moral values can be
done by instilling positive character that will be attached to a child so
that the child will grow into a generation that is religious, civilized,
moral and dignified. Teachers can use the storytelling method in
instilling these values.
The research method applied was a quantitative approach with
a Pre-Experimental One Group Pretest-Postest Design on a sample of
18 children in group B1 aged 5-6 years at TK Santo Yusup Tropodo
Sidoarjo.
The results of data analysis show that the t-count value is
21,61 greater than the t-table index of 1.73961 for a significance
level of 0.05, and 2.56693 for a significance level of 0.01, so the Null
Hypothesis (H0) is rejected, working hypothesis (H1) is accepted so
that it can be concluded that there is an effect of the storytelling
method on the development of moral and religious values in group B
children aged 5-6 years at Kindergarten Santo Yusup Tropodo
Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Mrs Martha Yeni Leftungun |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:51 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:51 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6089 |