Pengaruh Media Jepit Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di RA Muslimat NU 18 Dedawang Bawean Gresik

Komariyah, Siti Nur (2023) Pengaruh Media Jepit Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di RA Muslimat NU 18 Dedawang Bawean Gresik. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 5. Lampiran.pdf] Text
5. Lampiran.pdf

Download (639kB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif yaitu mengenal angka dan konsep berhitung awal pada anak usia 4-5 tahun yang masih kurang optimal. Masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenal angka dan berhitung ini disebabkan kurangnya penggunaan dan pemanfaatan media dalam proses pembelajaran. Guru hanya sebatas menggunakan lembar kerja untuk anak sehingga kurang menarik minat anak dalam belajar dan perhatian anak terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Diadakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media jepit angka terhadap kemampuan kognitif anak usia dini 4-5 tahun di RA Muslimat NU 18 Dedawang Bawean Gesik.
Penelitian ini desain Pre-Eksperimental One Group Pretest-Postest Design sampel sejumlah 20 anak usia dini 4-5 tahun RA Muslimat NU 18 Dedawang Bawean Gresik.
Hasil analisis data menunjukkan nilai t-hitung adalah 15,00, sedangkan indeks t-tabel adalah 1,729 untuk taraf signifikansi 0,05, dan 2,539 untuk taraf signifikansi 0,01, maka nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel pada kedua taraf signifikansi tersebut sehingga hipotesis 0 (h0) ditolak dan hipotesis kerja (h1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara media jepit angka dengan kemampuan kognitif anak usia dini 4-5 tahun di RA Muslimat NU 18 Dedawang Bawean Gresik.

ABSTRACT

This research is motivated by cognitive ability, namely recognizing numbers and early counting concepts in children aged 4-5 years which are still not optimal. The low ability of children to recognize numbers and counting is due to the lack of use and utilization of media in the learning process. The teacher is only limited to using worksheets for children so that it does not attract children's interest in learning and children's attention to the material presented by the teacher. This research was conducted to determine the effect of number clip media to the cognitive abilities of early childhood 4-5 years at RA Muslimat NU 18 Dedawang Bawean Gesik. This study was a Pre-Experimental One Group Pretest-Postest Design with a sample of 20 early childhood children 4-5 years RA Muslimat NU 18 Dedawang Bawean Gresik.
The results of data analysis show that the t-count value is 15.00, while the t-table index is 1.729 for a significance level of 0.05, and 2.539 for a significance level of 0.01, so the t-count value is greater than the t-table value on both the significance level so that hypothesis 0 (h0) is rejected and the working hypothesis (h1) is accepted. It can be concluded that there is an influence between the number clip media and the cognitive abilities of early childhood 4-5 years at RA Muslimat NU 18 Dedawang Bawean Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Unnamed user with email 199000014@student.unipasby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:21
Last Modified: 03 Jul 2024 08:21
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6249

Actions (login required)

View Item
View Item