HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PESERTA DIDIK

Auliana, Candra (2023) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (780kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan di era sekarang yang terjadi di kehidupan terutama generasi muda. Semakin banyak individu yang mementingkan dirinya sendiri serta berkurangnya rasa tolong menolong antara sesama. Hal tersebut dapat menimbulkan sikap individualisme yang menjadi ciri manusia modern. Adanya fenomena yang terjadi dapat mengakibatkan berkurangnya perilaku prososial. Rendahnya perilaku prososial dan rasa ketidakpedulian dapat terjadi, sehingga hal tersebut mempengaruhi proses penerimaan diri. Salah satu faktor pembentuk perilaku prososial yang tepat pada anak adalah pola asuh orang tua demokratis. Pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua akan mempengaruhi suatu kepribadian dan tingkat perilaku prososial seorang anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasi (correlational research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMPN 48 Surabaya. Uji validitas digunakan pada penelitian ini adalah construct validity dan untuk menghitung uji reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach. Berdasarkan hasil uji normalitas yang telah dilakukan dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test, pada skala perilaku prososial dan perilaku prososial menunjukkan nilai p 0,000 (p < 0,05) maka dapat dikatakan data skala terdistribusi secara tidak normal. Hasil uji linieritas diketahui 0,991 > 0,05 maka dapat dikatakan variabel perilaku prososial dengan pola asuh demokratis dalam penelitian ini terdapat linear. Dari hasil analisis korelasi yang telah dilakukan menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan perilaku prososial. Artinya semakin tinggi pola asuh orang tua demokratis maka semakin tinggi perilaku prososialnya, begitu juga sebaliknya semakin rendah pola asuh orang tua demokratis maka semakin rendah perilaku prososial peserta didik.

This research is motivated by changes in the current era that occur in life, especially the younger generation. More and more individuals are selfish and less sense of mutual help between others. This can lead to an attitude of individualism that characterizes modern humans. The phenomenon that occurs can result in reduced prosocial behavior. Low prosocial behavior and a sense of indifference can occur, so that this affects the process of self-acceptance. One of the factors that shape appropriate prosocial behavior in children is democratic parenting. Democratic parenting applied by parents will affect a child's personality and level of prosocial behavior. This study uses a quantitative correlation research approach (correlational research). The subjects of this research were students of SMPN 48 Surabaya. The validity test used in this study is construct validity and to calculate the reliability test using the Cronbach alpha formula. Based on the results of the normality test that has been carried out using the Kolmogorov-Smirnov Test, the prosocial behavior and prosocial behavior scales show a p value of 0.000 (p <0.05) so it can be said that the scale data is not normally distributed. The results of the linearity test were found to be 0.991 > 0.05, so it can be said that the prosocial behavior variable with democratic parenting in this study was linear. From the results of the correlation analysis that has been carried out, it produces a significant value of 0.000 <0.05, so it can be said that there is a significant positive correlation between democratic parenting and prosocial behavior. This means that the higher the democratic parenting style, the higher the prosocial behavior, and vice versa, the lower the democratic parenting style, the lower the prosocial behavior of students.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Mrs. Candra Auliana
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:41
Last Modified: 20 Aug 2024 01:41
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6327

Actions (login required)

View Item
View Item