Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa SMAN 1 Wringinanom

ISNAENI, NOER VITA (2023) Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa SMAN 1 Wringinanom. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci : konseling kelompok, teknik Restrukturisasi Kognitif, kecemasan belajar siswa
Kecemasan belajar siswa manifestasi dari berbagai proses emosi yang bercampur baur berupa suatu keadaan. Kondisi atau perasaan yang tidak menyenangkan yang mengakibatkan siswa mengalami ketakutan, tegang, tidak berdaya, dan kekhawatiran yang berlebihan. Sehingga siswa merasa takut dan tidak percaya diri atas dirinya. Sebab dampak dari kecemasan belajar siswa mengakibatkan kegelisahan, kekhawatiran, dan ketidakpercayaan diri dalam hal belajar di kelas. Oleh karena itu perlu diberikannya layanan konseling kelompok untuk mengurangikecemasan belajar siswa, salah satunya dengan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik Restrukturisasi Kognitif untuk mengurangi kecemasan belajar siswa SMAN 1 Wringinanom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini berjumlah 6 konseli, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil 0,027, karena 0,027≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik Restrukturisasi Kognitif efektif untuk mengurangi kecemasan belajar siswa SMAN 1 Wringinanom.

Keywords: group counseling, Cognitive Restructuring, anxiety studen learning.
Student learning anxiety is a maniestation of various mixed emotional processes in the form of a situation. Unpleasant conditions or feelings that cause students to experience fear, tension, helplessness, and axcessive worry. So that students feel afraid and not confident about themselves. Because the impact of student learning anxiety results in a anxiety, worry, and lack of confidencenin learning in class. Therefore it is necessary to provide group counseling to services to reduce student learning anxiety, one of which is with this research. This study aims to determine the effectiviness of group pre-test post-test design method. The subjects of this study were 6 counselees, using a purposive sampling technique. The analysis of this study used the Wilcoxon test with a result of 0.027, because 0.027 ≤ 0.05, it can be concluded that group counseling with Cognitive Restructuringt techniques is effective for reducing student learning anxiety at SMAN 1 Wringinanom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Ms. Noer Vita Isnaeni
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:49
Last Modified: 20 Aug 2024 01:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item
View Item