PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP

Risqhi, Febriani and Prayogo, Prayogo (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Tahun2017. pp. 225-230. ISSN 978-979-3870-53-3

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar_SNPM_2017.pdf] Text
Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar_SNPM_2017.pdf - Published Version

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan pemahaman peserta didik masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik sangat memprihatinkan. Pada pembelajaran ini suasana kelas cenderung teachercentered sehingga siswa menjadi pasif , cepat merasa bosan dan hanya mengandalkan informasi dari guru. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif sehingga hasil belajar menjadi lebih baik. Model Pembelajaran reciprocal teaching atau pembelajaran terbalik adalah satu pendekatan terhadap pengajaran siswa akan strategi-strategi belajar. Dalam penelitian ini untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan dengan teknik random sampling dengan teknik undian dan metode pengumpulan dengan menggunakan tes. yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Reciprocal Teaching atau pembelajaran terbalik. Sedangkan yang menjadi variabel kontrol adalah hasil belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebanyak 35 siswa yang menjadi kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebanyak 34 siswa yang menjadi kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunajakn uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa thitung > ttabel (5,291 > 1,671) dengan taraf signifikan = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil analisis tersebut diatas juga diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran reciprocal teaching sebesar 83,14 sedangkan siswa yang diberi pemebelajaran konvensional sebesar 72,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Driyorejo

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Prayogo Prayogo
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:04
Last Modified: 11 Oct 2023 02:04
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item
View Item