Pengembangan Media Pembelajaran Online dengan Berbasis website sidemo secara Terpadu

Permana, Demo Sandy (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Online dengan Berbasis website sidemo secara Terpadu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (446kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (10kB)
[thumbnail of 3. bab 1.pdf] Text
3. bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (125kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1)
mengembangkan media pembelajaran berbasis website untuk Sekolah
Dasar pada proses pembelajaran, (2) mengetahui penilaian ahli media
an ahli materi terhadap media pembelajaran, (3) mengetahui penilaian
guru sekolah dasar terhadap media pembelajaran, dan (4) mengetahui
kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berdasarkan penlaian
ahli media, ahli materi dan guru dalam penggunaan website SIDEMO.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakuan
di SDN SEDATI GEDE 2 Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data yaitu angket.
Hasil penelitian dan pengembangan (1) Proses penelitian
pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang
diadaptasi dari model penelitian pengembangan Plomp versi LMS.
Adapun tahapan tersebut yaitu Analysis, Design, Development, dan
Implementation. Tahap analysis meliputi studi lapangan dan studi
literature. Tahap design meliputi pembuatan website. Tahap
development meliputi pembuatan produk media pembelajaran
berbasis website, validasi ahli materi dan validasi ahli media. Tahap
implementation dilakukan dua siklus yaitu uji coba produk kelompok
kecil yang melibatkan 25 guru, (2) hasil penilaian 2 ahli materi ratarata mendapatan skor 3 dengan kategori baik. Hasil penilaian ahli
media 1 mendapatkan rata-rata skor 3 dan ahli media 2 mendapatkan
rata-rata skor 3,2 dengan kategori baik. Dengan demikian, media
pembelajaran berbasis website layak digunakan sebagai media
pembelajaran siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:52
Last Modified: 11 Jan 2023 04:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item
View Item