Analisis Implementasi Kecakapan Abad 21 Dalam Rpp Daring Produk Pengembangan Mahasiswa Ppg

Kartikasari, Al Fitratun Dwi Rachma (2021) Analisis Implementasi Kecakapan Abad 21 Dalam Rpp Daring Produk Pengembangan Mahasiswa Ppg. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (584kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (290kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (326kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana implementasi
kecakapan abad 21 dalam pengembangan RPP pada mahasiswa PPG.
Dan melihat bagaimana pembelajaran abad 21 yang
mengimplementasikan pendidikan karakter, literasi dan keterampilan
4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana
keterampilan kecakapan abad 21 dapat diimplementasikan dalam
RPP produk pengembangan mahasiswa PPG.
Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan metode
dokumentasi dan resitasi. Subyek penelitian ini RPP produk
pengembangan mahasiswa PPG. Hasil pembahasan bahwa
pembelajaran abad 21 yang mencerminkan empat hal, yaitu berpikir
kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving),
kreativitas (creativity) dan inovasi (innovation), komunikasi
(communication), dan kolaborasi (collaboration). Kegiatan
pembelajaran dirancang untuk mewujudkan empat hal tersebut
melalui penerapan pendekatan saintifik, pembelajaran berbasis
masalah, penyelesaian masalah, dan pembelajaran berbasis projek.
Dari keempat hal tersebut, siswa harus bisa menyelesaikan masalah
karena hal tersebut akan menjadi target hasil belajar pada era
pembelajaran abad 21 ini. Dari keempat aspek tersebut telah
mengimplementasikan kecakapan abad 21. Kemudian dari 4mapt
aspek tersebut yaitu tujuan pembelajaran mendapatkan 67%,
kegiatan pembelajaran 69%, bahan pendukung (bahan ajar 65%,
media 65%, LKPD 73%) dengan kriteria baik, dan strategi
(pendekatan, model, metode) 42% dengan kriteria cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:23
Last Modified: 11 Jan 2023 03:21
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item
View Item