DITA GETSMANI, JESSICA (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK DESENSITISASI SITEMATIS DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN BELAJAR SISWA SMP PGRI 1 BUDURAN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN_JESSICA DITA GETSMANI.pdf
Download (642kB)
ABSTRAK_JESSICA DITA GETSMANI.pdf
Download (93kB)
BAB I_JESSICA DITA GETSMANI.pdf
Download (177kB)
DAFTAR PUSTAKA_JESSICA DITA GETSMANI.pdf
Download (107kB)
LAMPIRAN_JESSICA DITA GETSMANI.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui efektivitas teknik desensitisasi sitematis dalam konseling kelompok untuk menurunkan kecemasan belajar siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test design. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan model one group pre-test post-test design. Digunakan desain ini karena terdapat pre-test sebelum diberi perlakuan, hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat karena dapat dibandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan, dapat diketahui bahwa konseling kelompok dengan menggunakan teknik desensitisasi sistematis dapat menurukan kecemasan belajar siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada bab sebelumnya, terdapat 6 siswa yang memiliki kecemasan belajar hal tersebut ditinjau dari hasil pre-test dan post-test yang telah diberikan. Hasil dari uji Wilcoxon yang dilakukan menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,027. Karena nilai 0,027 lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Sehingga teknik desensitisasi sistematis dalam konseling kelompok efektif untuk menurunkan kecemasan belajar siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Novia Purwatiningtyas |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 06:27 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 06:27 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/7789 |