SAWU, LUSIA NGENE (2019) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 3 KRIAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (594kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (135kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (221kB)
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (533kB)
Abstract
Sawu, Lusia Ngene. 2019. Pengaruh Pemberian Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing
terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa kelas VII SMP
Negeri 3 Krian. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Bimbingan Dan Konseling. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing: Aniek Wirastania,
S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Teknik Role Playing, Bimbingan Kelompok,
perilaku Bullying.
Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan,
yaitu ingin mengetahui signifikan “Pengaruh Pemberian
Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role
Playing terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa kelas VII
SMP Negeri 3 Krian”.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII C. Sampel dilakukan dengan purposive sampling untuk
mengambil satu kelas yaitu VIIC berjumlah 30 siswa.
Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre test
post test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Instrumen
yang digunakan juga telah diuji cobakan menggunakan spss
for windows versi 23.0 dengan tingkat ke valid an sebesar
0.374 dapat dinyatakan valid. Dari populasi 30 siswa telah
didapat menjadi 5 orang siswa.
Berdasarkan uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan
antara bimbingan kelompok dengan teknik role playing
terhadap penurunan perilaku bullying siswa. yang telah
diujikan melalui uji wilcoxon. Berdasarkan hasil uji
wilcoxon dapat diketahui bahwa Z (-2.060) dengan Asymp.
Sig (2-tailed) bernilai 0,039 dimana 0,039 ≤ 0,05 (taraf
signifikan), maka dapat disimpulkan bahwa Hi diterima dan
Ho di tolak yang artinya adanya perbedaan antara pre-test
dan post-test bimbingan kelompok dengan teknik role
playing, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan
“Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Role Playing terhadap Perilaku Bullying
Pada Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Krian”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 07:20 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 04:36 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/821 |