Rachma, Alfie Noer (2021) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING MELALUI APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP KECEMASAN BELAJAR SISWA SECARA DARING SAAT PANDEMI COVID-19 DI UPT SMP NEGERI 18 GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (640kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (219kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (136kB)
8. DAFTAR PUSTAKA Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Rachma, Alfie Noer. Pengaruh Konseling Kelompok Dengan
Menggunakan Teknik Cognitive Restructuring Melalui
Aplikasi Google Meet Terhadap Kecemasan Belajar
Siswa Secara Daring Saat Pandemi Covid-19 Di UPT
SMP Negeri 18 Gresik. Skripsi. Program Studi
Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. H. Sutijono, M.M.. pembimbing
(2) Dimas Ardika M.S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Teknik Cognitive Restructuring, Konseling Kelompok, Google Meet, Kecemasan Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
konseling kelompok dengan menggunakan teknik cognitive
restructuring melalui aplikasi google meet terhadap kecemasan belajar siswa secara daring saat pandemi Covid-19 di UPT SMP Negeri 18 Gresik. Penelitian ini menggunakan rancangan preeksperimental berupa One Group Pre-Test Post-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-C yang berjumlah 32. Sampel didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang diambil dari populasi yakni kelas IX-C.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konseling kelompok dengan menggunakan cognitive restructuring melalui aplikasi Google Meet. Skala pengukuran yang digunakan juga telah diuji menggunakan SPSS For Windows versi 25 dengan tingkat kevalid an sebesar 0,05 dapat dinyatakan valid. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring atau online hal ini disebabimbingan dan konseling karena adanya wabah virus corona yang melanda Indonesia. Pembelajaran secara daring memang tidak sama dengan pembelajaran tatap muka, dan pembelajaran secara daring juga membutuhkan sarana dan prasarana, hal ini adalah menjadi salah satu timbulnya kecemasan belajar secara daring. Tidak hanya itu siswa merasa tugas yang diberikan oleh guru semakin harisemakin banyak dan siswa merasa guru seenanknya sendiri informasi ini berdasarkan penuturan Guru Bimbingan dan Konseling UPT SMP Negeri 18 Gresik.
Uji hipotesis yang telah diajukan melalui Uji T
menunjukkan adanya pengaruh konseling kelompok dengan
menggunakan teknik cognitive restructuring melalui aplikasi google meet terhadap kecemasan belajar siswa saat pandemi Covid-19 di UPT SMP Negeri 18 Gresik. Dapat disimpulkan melalui hasil Uji T diketahui bahwa nilai Uji T atau F= 1,764 pada taraf sifnifikansi 0,001. Sig (2-tailed) yang bernilai 0.001 dimana 0,001 < 0,05(adanya pengaruh), maka dapat disimpulkan bahwa Hα diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan antara Pre-Test dan
Post–Test konseling kelompok dengan menggunakan teknik
cognitive restructuring melalui aplikasi Google Meet terhadap kecemasan belajar siswa secara daring di UPT SMP Negeri 18 Gresik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:28 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 14:39 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/922 |