EFEKTIFITAS STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP DISIPILIN BELAJAR SISWA SMA MAARIF NU BENJENG

Kurniawati, Dhea (2021) EFEKTIFITAS STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP DISIPILIN BELAJAR SISWA SMA MAARIF NU BENJENG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (469kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (46kB)
[thumbnail of 3. Bab 1.pdf] Text
3. Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (126kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (753kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kurniawati, Dhea. 2021. Efektifitas Strategi Self Managemnet dalam
Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa
SMA Maarif NU Benjeng.Program Studi Bimbingan
Dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Dr. Mudhar., S.Psi., M.Psi.
Kata kunci : Disiplin Belajar siswa, Konseling Kelompok strategi Self Management
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kesidiplinan belajar yang merupakan persoalan terpenting dalam proses pembelajaran. Tanpa disiplin belajar siswa kurang dalam mengatur prilakunya sendiri. Permasalahan yang terjadi di SMA Maarif NU Benjeng, khususnya kelas XI adalah disiplin belajar yang rendah. Perilaku kurangnya disiplin belajar ditandai seperti tidak mengisi absensi secara online, terlambat mengumpulkan tugas, acuh terhadap materi, mengobrol saat pembelajaran daring berlangsung, malas mencatat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penerapan konseling kelompok strategi self manajement dalam mengatasi displin belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan mengunakan one group pretest-posttest design. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Maarif NU Benjeng dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar questioner disiplin belajar siswa. Mengunakan metode analisis statistic dengan rumusan yang digunkaan adalah T-tes yang sesuai dengan judul penelitian yaitu efektifitas strategi self management dalam konseling kelompok terhadap disiplin belajar siswa SMA Maarif NU Benjeng. Berdasarkan hasil paired sampel test menggunkan aplikasi SPSS versi 28 hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung (-6,957) < Ttabel (1,943), maka Ho di tolak dan Ha diterima. Dengan nilai P(2-tailed) <0,001 yg berarti lebih kecil dari pada nilai kritik 0,05 (0,001<0,05), maka dinyatakan ada hubungan yang signifikan. berarti dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan strategi self management efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMA Maarif NU Benjeng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:57
Last Modified: 01 Dec 2022 16:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item
View Item