Mengembangkan Kemampuan Kognitif Menjumlahkan dengan Permainan Gerbong Angka Pada Kelompok A PAUD KIA-KIRA

Kurniawati, Rizka Dwi (2020) Mengembangkan Kemampuan Kognitif Menjumlahkan dengan Permainan Gerbong Angka Pada Kelompok A PAUD KIA-KIRA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (222kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (104kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kurniawati, Rizka Dwi. 2019. Mengembangkan Kemampuan Kognitif
Menjumlahkan dengan Permainan Gerbong Angka pada
Kelompok A PAUD KIA-KIRA Sedati. Skripsi Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd.
Kata kunci: Kemampuan kognitif, permainan gerbong angka
Permainan gerbong angka yang merupakan kegiatan pembelajaran
matematika sederhana yang mudah untuk dimainkan dan dapat
memecahkan atau menemukan hasil penjumlahan dari soal yang telah
disediakan oleh pendidik.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil perkembangan kognitif
dalam menjumlah pada kelompok A PAUD KIA-KIRA Sedati Sidoarjo.
Teknik analisa data menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data; penyajian
data; dan simpulan atau verifikasi. Kemudian dilakukan triagulasi dan
keabsahan. Kelompok yang diteliti yaitu, Kelompok A (usia 4-5 tahun)
yang berjumlah 14 peserta didik (8 anak perempuan dan 6 anak laki-laki).
Data dikumpulkan dari hasil lembar observasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif kelompok A
PAUD KIA-KIRA dalam menjumlahkan dengan permainan gerbong
angka pada tahap berkembangan sesuai harapan (BSH) akan tetapi pada
indikator lambang bilangan pada tahap mulai berkembang (MB). Faktor
yang mendukung pelaksanaan kegiatan bermain gerbong angka, yaitu
peserta didik yang antusias untuk bermain walaupun ada beberapa yang
belum mengenal bilangan dan dukungan wali kelas yang selalu membantu
sedangkan faktor yang menghambat adalah kemampuan kognitif menegnal
lambang bilangan peserta didik masih kurang, karena media di sekolah
kurang memadai serta kurangnya kretivitas pendidik membuat APE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:35
Last Modified: 11 Nov 2022 03:36
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item
View Item