Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Auditori

Heldianarini, Artari (2021) Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Auditori. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (709kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (187kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (425kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematis tingkat tinggi, tingkat sedang, dan tingkat rendah yang ditinjau dari gaya belajar auditori pada peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 12 Surabaya. Tahap pemecahan masalah menggunakan tahap Krulick dan Rudnick. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik SMP yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) untuk mengetahui gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data dengan menganalisis hasil tes berdasarkan tahap pemecahan masalah dari Krulick dan Rudnick dan wawancara, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan tinggi mampu menuliskan dan mendapatkan informasi penting dari soal, mampu memilih strategi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Peserta didik dengan kemampuan sedang kurang mampu menuliskan serta mendapatkan informasi dari soal, tetapi sudah mampu memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan aljabarnya. Peserta didik dengan kemampuan rendah tidak dapat menuliskan serta tidak mendapatkan informasi dari soal, serta tidak menuliskan kesimpulan dalam soal yang berarti peserta didik tidak dapat melewati tahap meninjau kembali.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah; Teori Krulick dan Rudnick; Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:08
Last Modified: 14 Dec 2022 06:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1045

Actions (login required)

View Item
View Item