Kemampuan Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Van Hiele Siswa SDN Waruberon Sidoarjo

Lukitasari, Sandra Dwi (2021) Kemampuan Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Van Hiele Siswa SDN Waruberon Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (804kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (208kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (333kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Dengan mengetahui tingkat siswa berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele diharapkan guru dapat menerapkan suatu konsep metode pembelajaran berdasarkan tingkat berpikir yang sesuai dengan kategori tingkat berpikir siswa. Tahapan tingkat berpikir siswa dalam geometri yaitu: Tingkat Visualisasi/Pengenalan (tingkat-0), Tingkat Analisis (tingkat-1), Tingkat Deduksi Informal (tingkat-2), Tingkat Dedukasi (tingkat-3), dan Tingkat Rigor/Akurasi (tingkat-4). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri bidang datar ditinjau dari tingkat berpikir Van Hiele terhadap tingkat 0 (Visualisasi/Pengenalan), tingkat 1 (Analisis), dan tingkat 2 (Deduksi Informal). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan waawancara. Instrument tes yang digunakan adalah Van Hiele Geometry Test (VHGT) dan Tes Kemampuan Menyelesaikan Masalah Geometri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, siswa dengan tingkat berpikir geometri 0 dapat memahami masalah, siswa dengan tingkat berpikir geometri 1 dapat memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian, siswa dengan tingkat berpikir geometri 2 dapat memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana.
Kata kunci : Menyelesaikan Masalah Geometri, Tingkat Berpikir Van Hiele.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:44
Last Modified: 14 Dec 2022 06:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item
View Item