Sugiarti, Haniva Ambar (2021) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (328kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (334kB)
8. Daftra Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa pada siswa kelas X IPA-1 SMA Al-Islam Krian dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linier tiga variabel menggunakan kriteria Watson. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa yang diambil dari 18 siswa kelas X IPA-1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik tes dan wawancara. Hasil dari analisis ini yaitu (1) kesalahan data tidak tepat 0% (sangat kecil) siswa tidak melakukan kesalahan dalam memasukkan data dan penulisan data kedalam variabel ataupun soal. (2) Kesalahan Prosedur Tidak Tepat 25% (cukup tinggi) siswa melakukan kesalahan dalam penulisan langkah-langkah karena siswa lupa dan terburu-buru pada proses mengerjakan soal. (3) Kesalahan Data Hilang 0% (sangat kecil) siswa tidak melakukan kesalahan karena data yang ditulis siswa pada soal lengkap dan benar. (4) Kesalahan Kesimpulan Hilang 30% (cukup tinggi) siswa banyak yang tidak menuliskan kesimpulan karena siswa lupa menuliskan kesimpulan dan waktu yang diberikan terbatas (5) Kesalahan Konflik Level Respon 10% (sangat kecil) siswa tidak sesuai konsep dalam mengoperasikan data karena siswa tidak mengecek kembali jawaban. (6) Kesalahan Manipulasi Tidak Langsung 20% (kecil) siswa merasa benar dengan jawabanya selain itu subjek kurang teliti waktu proses pengerjaan karena subjek terburu – buru saat menuliskan jawaban. (7) Kesalahan Masalah Hirarki keterampilan 10% (kecil) siswa salah melakukan perhitungan seperti operasi penjumlahan dan operasi vi pengurangan karena tidak meneliti kembali hasil jawaban. (8) Kesalahan Selain Ketujuh Kategori Di Atas 5% (sangat kecil) siswa yang tidak mengerjakan karena subjek belum memahami bentuk soal dan waktu yang diberikan sudah habis.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Kriteria Watson, Soal Cerita.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 07:53 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 06:45 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1050 |