Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson

Sugiarti, Haniva Ambar (2021) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (328kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (334kB)
[thumbnail of 8. Daftra Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftra Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa pada siswa kelas X IPA-1 SMA Al-Islam Krian dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linier tiga variabel menggunakan kriteria Watson. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa yang diambil dari 18 siswa kelas X IPA-1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik tes dan wawancara. Hasil dari analisis ini yaitu (1) kesalahan data tidak tepat 0% (sangat kecil) siswa tidak melakukan kesalahan dalam memasukkan data dan penulisan data kedalam variabel ataupun soal. (2) Kesalahan Prosedur Tidak Tepat 25% (cukup tinggi) siswa melakukan kesalahan dalam penulisan langkah-langkah karena siswa lupa dan terburu-buru pada proses mengerjakan soal. (3) Kesalahan Data Hilang 0% (sangat kecil) siswa tidak melakukan kesalahan karena data yang ditulis siswa pada soal lengkap dan benar. (4) Kesalahan Kesimpulan Hilang 30% (cukup tinggi) siswa banyak yang tidak menuliskan kesimpulan karena siswa lupa menuliskan kesimpulan dan waktu yang diberikan terbatas (5) Kesalahan Konflik Level Respon 10% (sangat kecil) siswa tidak sesuai konsep dalam mengoperasikan data karena siswa tidak mengecek kembali jawaban. (6) Kesalahan Manipulasi Tidak Langsung 20% (kecil) siswa merasa benar dengan jawabanya selain itu subjek kurang teliti waktu proses pengerjaan karena subjek terburu – buru saat menuliskan jawaban. (7) Kesalahan Masalah Hirarki keterampilan 10% (kecil) siswa salah melakukan perhitungan seperti operasi penjumlahan dan operasi vi pengurangan karena tidak meneliti kembali hasil jawaban. (8) Kesalahan Selain Ketujuh Kategori Di Atas 5% (sangat kecil) siswa yang tidak mengerjakan karena subjek belum memahami bentuk soal dan waktu yang diberikan sudah habis.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Kriteria Watson, Soal Cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:53
Last Modified: 14 Dec 2022 06:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item
View Item