Putri, Sekartaji Machdalena Sari (2021) Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (443kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (86kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (107kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Pemecahan masalah adalah suatu proses dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang telah dimiliki. Adapun solusi dalam menyelesaikan kesulitan pemecahan masalah yang dialami siswa adalah dengan menggunakan strategi pemecahan masalah Polya. Selain memerlukan strategi dalam memecahkan masalah matematika siswa dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari satu subjek berkemampuan matematika tinggi, satu subjek berkemampuan matematika sedang, dan satu subjek berkemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil tes kemampuan matematika, hasil tes pemecahan masalah matematika dan dikuatkan dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan masalah yang diberikan dengan benar dan mengumpukan informasi yang dapat membantu menyelesaikan masalah, namun kurang teliti dalam proses akhir perhitungannya. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat mengumpulkan informasi apa saja yang ada pada soal, akan tetapi siswa melakukan satu kesalahan dalam menentukan rumus. Hal ini dikarenakan siswa tidak dapat memahami masalah pada soal dengan benar, dan rencana penyelesaian yang dibuat oleh siswa tidak tepat. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak dapat memahami masalah dan belum dapat mengumpulkan informasi secara jelas yang terdapat pada soal. Sehingga siswa berkemampuan matematika rendah belum dapat menyelesaikan masalah yang diberikan dengan benar.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Teori Polya, Kemampuan Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 02:29 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 06:43 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1053 |