Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Learning By Doing Dengan Media Video Tutorial Pada Siswa Kelas XII Tata Boga 1 SMKN Poncol

Widyawati, Reny (2021) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Learning By Doing Dengan Media Video Tutorial Pada Siswa Kelas XII Tata Boga 1 SMKN Poncol. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN SKRIPSI RENY.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN SKRIPSI RENY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK RENY.pdf] Text
2. ABSTRAK RENY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (165kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (167kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dilatar belakangi oleh hasil belajar yang belum maksimal disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kondisi lingkungan yang mengharuskan dilaksanakannya pembelajaran secara daring di era covid 19 ini sehingga guru dituntut untuk berinovasi menggunakan media-media pembelajaran yang menunjang kegiatan daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelaksanaan dan mendeskripsikan model pembelajaran learning by doing dengan media video tutorial dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII Tata Boga 1 SMKN Poncol pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan Nusantara. Penelitian ini diperuntukkan memberi salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring bagi guru SMKN Poncol Kab. Magetan. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus 47% (14 siswa) tuntas KKM dengan rata-rata 61,5. Pre tes siklus 1 prasiklus 47% (14 siswa) tuntas KKM dengan rata-rata 60,0. Pos tes siklus 1 mengalami peningkatan yaitu 63% (19 siswa) tuntas KKM dengan rata-rata 70. Pre tes siklus 2 yaitu 63% (19 siswa) tuntas KKM dengan rata-rata 70 dan pos tes siklus 2 mengalami peningkatan yaitu 77% (23 siswa) dengan rata-rata 74,7. Perhitungan persentase dengan skala likert pada masing-masing pernyataan menunjukkan hasil diatas 80% sehingga masing-masing pernyataan tersebut masuk pada kriteria “Sangat Setuju”. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa penerapan model pembelajaran learning by doing dengan media video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Tata Boga 1 SMKN Poncol Kab. Magetan pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan nusantara.
Kata Kunci: Learning by doing, SMK, Video Tutorial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:15
Last Modified: 12 Dec 2022 06:41
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item
View Item