PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMKN 1 TRENGGALEK

WAHYUNI, DWI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMKN 1 TRENGGALEK. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (355kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (490kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (410kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa, Respon siswa,
Problem Based Learning
Pembelajaran matematika yaitu pembelajaran sekolah melalui
aktivitas mental untuk memahami arti, hubungan, serta simbol yang
diterapkan pada situasi kondisi yang nyata. Namun masih banyak
siswa yang tidak menyukainya dan berfikir bahwa matematika
pelajaran yang sulit. Beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak
suka pelajaran matematika, yaitu guru yang masih menggunakan
pembelajaran terpusat. Sehingga jarang adanya interaksi aktif antara
siswa dengan guru. Oleh karena itu peneliti menerapkan model
pembelajaran problem based learning untuk mengetahui tingkat
keaktifan siswa, hasil belajar siswa setelah menerapkan model
pembelajaran problem based learning, serta respon siswa pada saat
pembelajaran berlangsung dalam materi persamaan dan fungsi
kuadrat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas XI TPM 2 SMKN 1 Trenggalek. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas siswa,
mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon
siswa dalam menerapkan model pembelajaran problem based
learning. Instrumen yang digunakan adalah observasi lembar
kegiatan siswa, hasil tes pembelajaran siswa yang telah di validasi
oleh validator, dan kuesioner respon siswa. Metode yang digunakan
adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil analisis dapat menunjukkan: 1) aktivitas siswa selama
pembelajaran berlangsung dikategorikan aktif, 2) hasil belajar siswa
dinyatakan mencapai ketuntasan klasikal, 3) respon siswa selama
pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem
based learning termasuk kategori yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:07
Last Modified: 25 Nov 2022 01:10
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item
View Item