PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GENDER

ALFARUB, ARY (2019) PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GENDER. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (33kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (63kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Proses berpikir, Memecahkan Masalah, Teori Van
Hiele, Gender
Salah satu bidang kajian materi Matematika yang dipelajari
dalam tingakatan SMP adalah geometri. Pada dasarnya, materi
geometri akan mudah dipahami oleh siswa dibandingkan dengan
materi matematika lainnya. Sebab, konsep dasar matematika dalam
geometri telah dikenal siswa sejak sebelum mereka memasuki
jenjang sekolah, namun bukti-bukti di lapangan menunjukkan bahwa
hasil belajar geometri masih rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif,
digunakan untuk menentukan dan mendeskripsikan secara jelas dan
terperinci mengenai proses berpikir siswa SMP dalam memecahkan
masalah geometri berdasarkan teori van hiele ditinjau dari gender.
Subjek dalam penelitian ini adalah 1 siswa laki-laki dengan
kemampuan matematika tingkat tinggi dan 1 siswa perempuan
dengan kemampuan matematika tingkat tinggi.Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah tes pemecahan masalah dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki mampu
menentukan hubungan dari yang diketahui dan ditanyakan serta
menggunakan strategi berpikir kritis dan mampu memecahkan
masalah dengan tepat. Tingkat berpikir siswa laki-laki berada pada
tingkat 2 (deduksi formal). Sedangkan siswa perempuan mampu
menentukan hubungan dari yang diketahui dan ditanyakan serta
menggunakan strategi berpikir logis dan mampu memecahkan
masalah dengan tepat. Tingkat berpikir siswa laki-laki berada pada
tingkat 2 (deduksi formal).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Oct 2022 08:03
Last Modified: 25 Nov 2022 00:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item
View Item