PENGARUH METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 SURABAYA

Zulfa, Adistya Indana (2019) PENGARUH METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (365kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (335kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (370kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Matematika, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam
menghadapi pelajaran matematika dan rendahnya prestasi
matematika siswa. Dilihat dari segi metode pembelajaran yang
diterapkan guru masih mengikuti metode yang umumnya masih
konvensional. Sedangkan dalam pembelajaran matematika guru
harus pandai menerapkan metode pembelajaran yang menarik,
misalnya metode reward dan punishment.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh pengaruh metode reward dan punishment terhadap hasil
belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif.
Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 8 Surabaya
yang berjumlah 13 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari
kelas yang diambil secara sample random sampling yaitu kelas X Ap
2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TBs 3 sebagai kelas kontrol.
Dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa
dilakukan dengan pemberian soal tes yaitu posttes, sehingga
diperoleh rat-rata kelas eksperimen 81 sedangkan kelas kontrol 70.
Dalam uji normalitas diperoleh Chi Kuadrat kelas eksperimen

hitung<

tabel = 10,591 < 11,071 dan kelas kontrol

hitung<

tabel
= 1,007 < 11,071. Sedangkan uji homogenitas diperoleh uji varians
< yaitu 1,324 < 1,823348654. Setelah dilakukan uji-t
didapatkan hasil atau 3,99908786031662 > 1,99962,
maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode
pembelajaran reward dan punishment terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:55
Last Modified: 25 Nov 2022 02:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item
View Item