RADJA, PERSEVENERANDA SAIM (2020) PENGARUH CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KATOLIK SANTO YUSUP KARANGPILANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (597kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (211kB)
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (27kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Radja, Perseveneranda Saim,2019. Pengaruh Cerita Bergambar
Terhadap Kemampuan Berbicara anak Usia 5-6 Tahun di
TK Katolik Santo Yusup Karangpilang. Skripsi Program
Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Unversitas PGRI Adibuana Surabaya.
Pembimbing Made AyuAnggreni,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci : cerita bergambar, kemampuan berbicara
Pada jaman sekarang orang tua sangat sibuk, sehingga anak
kurang di latih perkembanganya. Sejak kecil anak dikenalkan pada
handpone sehingga anak sangat cepat menguasai perangkat digital.
Dampaknya adalah masih rendah dalam menyebutkan huruf A-Z,
belum mampu dalam mengulang kembali cerita yang telah dibacakan
oleh pendidik.Tujuan penelitian ini adalah untuk menanggulangi
masalah PAUD, menggunakan APE untuk media bercerita anak.
Metode penelitian dengan desain non randrom sampling.
Pengumpulan data menggunakan dokumentasi tes dan observasi
yang di analisis dengan menggunakan uji t, desainya one group pre
tes.Perolehan skor pretes 4,21. Perolehan post tes 14,73 sehingga
adanya peningkatan kemampuan kognitif anak menjadi berkembang
sangat baik. Nilai uji t 38,96 dengan tingkat signifikasi 0,05%=38,96
lebih besar dari 1,72 Ho di tolak Hi di terima berarti cerita
bergambar terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK
Katolik Santo Yusup Karangpilang. Tahun 2019-2020 cerita
bergambar terbukti memberikan pengaruh terhadap kemampuan
berbicara yang dapat di lihat dari peningkatan skor atau perolehan
nilai dari saat melakukan pre tesT ke post tes.Peningkatan skor ini di
karenakan pemberian treatment sebanyak 8 kali yang di ikuti oleh
anak 23 anak TK Katolik Santo YusupKarangpilang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Admin Perpus ADI BUANA |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 08:17 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 07:02 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/132 |