Salsadillah, Chikitha Olivitania (2021) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Nolting Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (557kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (93kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (178kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan peneliti yaitu banyaknya nilai matematika siswa kelas VIII-B SMP Negeri Krian yang di bawah KKM, hal ini salah satunya dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megidentifikasi jenisjenis kesalahan serta faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Teori Nolting. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara semi terstruktur. Peneliti memilih 3 siswa yang paling banyak melakukan jenis kesalahn sebagai subjek penelitian. Keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi teknik, yaitu membandingkan hasil tes matematika siswa dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti mengungkapkan jenis kesalahan yang dilakukan subjek AKM, AAK dan IND adalah 1) pada jenis misread-direction errors siswa tidak membaca petunjuk pada soal dikarenakan terburu-buru dan tidak terbiasa membaca petunjuk soal, 2) pada jenis careless errors siswa salah dalam melakukan perhitungan dikarenakan kurang teliti, 3) pada jenis consept errors siswa tidak memahami konsep eliminasi dan substitusi dikarenakan kurangnya belajar, 4) pada jenis aplication errors siswa tidak dapat mengoperasikan konsep eleminasi dan subsitusi dalam menyelesaikan soal dikarenakan kurang memahami materi, 5) pada jenis test-taking errors siswa tidak menuliskan kembali informasi pada soal dikarenakan tergesagesa dan tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal secara sistematis, vi dan 6) pada jenis study errors siswa tidak meluangkan waktu yang cukup dalam mempelajari materi SPLDV dikarenakan kurangnya minat siswa pada materi tersebut.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Nolting, Soal Cerita Matematika, Faktor Penyebab Kesalahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 06:52 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 07:17 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1351 |