Agustin, Dwi Kurnelia (2021) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (721kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (91kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (162kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Melihat banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa SMPN 2 Sukodono dalam menyelesaikan soal cerita matematika hal ini yang melatarbelakangi saya untuk melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan serta faktor penyebab kesalahan siswa SMPN 2 Sukodono kelas IX-A dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Persamaan Kuadrat berdasarkan teori Newman. Teori Newman terdiri dari 5 jenis kesalahan, yaitu reading error (kesalahan membaca), comprehension error (kesalahan memahami masalah), transformation error (kesalahan transformasi), process skill error (kesalahan keterampilan proses), dan encoding error (kesalahan penentuan jawaban akhir). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes tertulis bentuk essay dengan jumlah 3 butir soal, dan wawancara dengan 3 siswa yang melakukan kesalahan terbanyak guna mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik. Pada penelitian ini, jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian pertama adalah siswa yang melakukan kesalahan pada 5 tahapan, yaitu tahap membaca (reading error), tahap memahami (comprehension error), tahap transformasi (transformation error), tahap keterampilan proses (process skill error, ), dan tahap peentuan jawaban akhir (encoding error). Kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian kedua dan subjek penelitian ketiga adalah siswa yang melakukan kesalahan pada 4 tahapan, yaitu tahap memahami (comprehension error), tahap transformasi (transformation error), tahap keterampilan proses (process skill error), dan tahap penentuan jawaban akhir (encoding error).
Kata kunci : Analisis Kesalahan Siswa, Teori Newman, Soal Cerita Matematika, Faktor Penyebab Kesalahan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 07:31 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 07:20 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1357 |