Pengaruh Metode Collaborative Learning Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taman

Arumningtyas, Afifah Saskya (2021) Pengaruh Metode Collaborative Learning Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taman. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (774kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (261kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (287kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sampai dengan saat ini masih dianggap sulit oleh banyak peserta didik di sekolah. Kesulitan yang dimiliki oleh peserta didik mengakibatkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga materi tidak dapat tersampaikan dengan baik dari guru ke peserta didik. Jika peserta didik tidak mampu menerima dan memahami materi yang disampaikan, maka akan berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya pemilihan metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan kepada peserta didik di kelas agar pembelajaran matematika tidak terkesan sulit dan mudah dipahami oleh peserta didik dalam segala tingkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Metode Collaborative Learning dengan media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Desaign dengan posttest control group. Untuk penentuan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yang berjumlah 54 siswa terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dengan jumlah soal sebanyak 5 butir soal uraian. Berdasarkan analisis data hasil posttest, diperoleh rata – rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 89,21 sedangkan rata – rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 81,82. Selanjutnya diperoleh nilai dari uji hipotesis thitung sebesar 3,52 dan nilai ttabel sebesar 2,00. Terlihat bahwa thitung > ttabel dengan 3,52 > 2,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh Metode Collaborative Learning dengan media Microsoft Power Point terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman pada materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Kata kunci : Metode Collaborative Learning , Microsoft Power Point , dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:16
Last Modified: 14 Dec 2022 07:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item
View Item