Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya

Mawarni, Dini Kartika (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (134kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (203kB)
[thumbnail of 8. DAFTARV PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTARV PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Sampel penelitian ini adalah kelas kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunkan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian post-test berupa empat butir soal uraian untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Untuk teknik analisis data menggunakan uji prasyarat data dan uji hipotesis (uji t). Dari analisis data, diperoleh nilai thitung dan ttabel didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,390578 > 1,99444 maka H0 ditolak, atau H1 diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional. Dengan kata lain model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya.
Kata Kunci : model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 05:02
Last Modified: 14 Dec 2022 07:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item
View Item