Pristiani, Rahmawati Rafi (2021) Pengaruh Model Problembasedlearningdengan Media Google Classroomterhadaphasil Belajar Matematika Di SMPN4 Surabayatahun Pelajaran 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (101kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (137kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuansiswadalam menyelesaikan soal berbentuk cerita yang berkaitandenganmasalah sehari-hari, serta kesulitan menerapkan pembelajaranyangdidapat ke dalam kehidupan sehari-hari khususnyapadapembelajaran matematika. Salah satu cara untuk mengatasipermasalahan ini adalah dengan menggunakan model ProblemBasedLearning. Penelitian ini dilaksanakan secara daring dikarenakandilaksanakan pada masa pandemi covid-19. Tujuan penelitianiniadalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaranProblem Based Learning dengan Media Google Classroomterhadaphasil belajar matematika di SMPN 4 SURABAYA. Penelitianinimenggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianquasieksperimen, yang dilaksanakan di SMPN 4 Surabaya padatahunajaran 2020-2021. Pemilihan sampel dilakukan dengansimplerandom sampling. Sampel pada penelitian ini kelas VII Asebagaikelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar berupaPre-tets Post-tets sebanyak 3 soal uraian denganmateriPerbandingan. Uji analisis data pada penelitian ini menggunakanujit. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa rata-ratahasilbelajar matematika kelas eksperimen lebih tinggi daripadakelaskontrol dan hasil analisis data yang diperoleh thitung >ttabel yaitu2,43 > 1,98 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematikaantara siswa yang diajar dengan model pembelajarandengan ii Problem Based Learning dengan media Google Classroomdi SMPN4 Surabaya Tahun Ajaran 2020-2021.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Google Classroom, HasilBelajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 07:15 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 07:53 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1377 |