Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Dalam Pembelajaran Daring Di SMAN 15 Surabaya

Tamonob, Melros (2021) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Dalam Pembelajaran Daring Di SMAN 15 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (300kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (294kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Dalam menyelesaikan permasalahan matematika terutama permasalahan yang berbentuk soal cerita, siswa masih sering melakukan kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 3 siswa dari 26 siswa kelas X Mipa-1 SMAN 15 Surabaya, Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan Kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan Atas yaitu: membaca soal, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir; berkemampuan Sedang: transformasi, keterampilan proses, dan kecerobohan penulisan jawaban akhir; dan berkemampuan Bawah: ketrampilan proses dan kecerobohan penulisan jawaban akhir. Penyebab dari masing-masing kesalahan tersebut meliputi “membaca soal” siswa tidak bisa memaknai simbol atau istilah matematika yang ada meskipun sudah bisa membacanya dengan baik; “transformasi” siswa tidak menguasai dengan baik rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal; “keterampilan proses” siswa kurang memahami prosedur operasi matematika dengan baik; dan “kecerobohan penulisan jawaban akhir” siswa tidak teliti saat mengerjakan soal tapi bisa segera menyadari dan memperbaiki tanpa bimbingan peneliti. Oleh karena itu, untuk meminimalkan terjadinya kesalahan direkomendasikan siswa memahami rumus dengan dimengerti tidak dihafal, pembelajaran lebih dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar lebih mudah dipahami dan diingat, dan memperbanyak latihan soal.
Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Newman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:25
Last Modified: 14 Dec 2022 07:54
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item
View Item