Analisis Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Krian Tahun Pelajaran 2020/2021

Sari, Ratna Yunita (2021) Analisis Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Krian Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1.halaman depan.pdf] Text
1.halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (436kB)
[thumbnail of 2.abstrak.pdf] Text
2.abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (32kB)
[thumbnail of 3.BAB I.pdf] Text
3.BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (129kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan dan faktor penyebab terjadinya kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika terutama dalam soal cerita sistem persamaan liniear dua variabel berdasarkan tahap polya. Dalam peneltian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan metode pengambilan data adalah tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII B di SMPN 2 Krian. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa dengan kriteria 1 siswa dengan kesalahan paling sedikit, 1 siswa dengan kesalahan sedang, dan 2 siswa dengan kesalahan paling banyak dan dikategorikan pengetahun tinggi, sedang dan kurang. Data penelitian dianalisis menggunakan tahapan dari teori polya, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan meninjau kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak mengalami kesulitan pada tahap merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, meninjau kembali dan Faktor-faktor penyebab terjadinya kesulitan adalah menyelesaikan masalah sesuai rencana atau tahap pelaksanaan rencana, siswa tidak mengerjakan sesuai yang diminta yaitu menujukan tahapan eliminasi dan tahapan substitusi, sehingga jawaban siswa terkesan tidak rapi dan tidak bertahap.
Kata Kunci : Kesulitan Siswa, Teori Polya, Soal Cerita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:19
Last Modified: 19 Dec 2022 04:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item
View Item