Perbedaan Model Discovery Learning Dengan Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa

Ningrum, Putri Sistyah Kurnia (2021) Perbedaan Model Discovery Learning Dengan Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. halaman depan.pdf] Text
1. halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (429kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan google classroom ditinjau dari kecerdasan emosional pada materi Logaritma di kelas X SMA Negeri 1 Menganti. Populasi ini berasal dari siswa kelas X dan sampel penilitian ini terdiri dari kelas X IPA 7 sebagai kelas model pembelajaran discovery learning dan kelas X IPA 6 sebagai kelas model pembelajaran problem based learning. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh sig.(2-tailed) 0,004 pada hasil tes belajar dengan kategori kecerdasan emosional tinggi. Sedangkan tes hasil belajar dengan kategori kecerdasan emosional sedang diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,762 dan kecerdasan emosional rendah diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model discovery learning dan model PBL ditinjau dari kecerdasan emosional sedang dan ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model discovery learning dan model PBL ditinjau dari kecerdasan emosional tinggi dan rendah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Menganti tahun ajaran 2020/2021.
Kata Kunci : Discovery Learning, Problem Based Learning, Google Classroom, Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:24
Last Modified: 19 Dec 2022 04:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item
View Item