Fauziah, Fifi Ainun (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (705kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (175kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (206kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Fauziah, Fifi Ainun. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam
Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Berdasarkan
Langkah Polya.. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Erna Puji Astutik, S.Si.,
M.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: analisis kesalahan siswa, soal cerita, persamaan kuadrat.
Kesalahan merupakan suatu penyimpangan yang sering
dilakukan oleh siswa dalam memecahkan suatu masalah. Guru perlu
mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan
supaya dapat menghindari kesalahan dilakukan lagi. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor penyebab
kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
matematika materi persamaan kuadrat.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Pemilihan subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa berdasarkan skor
terendah pada tes matematika. Pengumpulan data menggunakan tes
dan wawancara dengan jumlah soal pada tes adalah 3 butir soal cerita.
Teknik Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu triangulasi waktu.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah jenis kesalahan yang
dilakukan siswa meliputi: 1) kesalahan dalam memahami masalah, 2)
kesalahan dalam membuat perencanaan, 3) kesalahan dalam
melaksanakan perencanaan, dan 4) kesalahan dalam mengecek
kembali. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah
kesalahan dalam melaksanakan perencanaan. Faktor penyebab siswa
melakukan kesalahan adalah siswa kesulitan dalam memahami
maksud kalimat dalam soal, siswa kurang memahami operasi
bilangan, dan siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 04:10 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 07:03 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1388 |