PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 TAMAN

Pribadi, Any Martina (2019) PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 TAMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (257kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (631kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (147kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci:Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Materi Bentuk
Aljabar, Reciprocal Teaching.
Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching)merupakan
pendekatan pengajaran berdasarkan prinsip-prinsip pengajuan
pertanyaan menggunakan ketrampilan-ketrampilan
metakognitif diajarkan melalui pengajaran langsung dalam
pemodelan oleh guru untuk memperbaiki hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
pendekatan pengajaran Reciprocal Teaching terhadap berpikir
kreatif dan hasil belajar siswa.Metode Reciprocal Teaching
merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian
ini semua kelas VII SMPN 1 Taman adapun sampel yang
digunakan kelas VII K sebagai kelas kontrol dan kelas VII I
sebagai kelas eksperimen, intrumen penelitianmenggunakan
posttest, teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh
berpikir kreatif dengan menggunakan Reciprocal Teaching
dan pembelajaran konvesional dengan perolehan rata-rata
sebesar 35,8529 dan 32,8529. Pada hasil belajar dengan
perolehan rata-rata sebesar 77,9705 dan 70,9117
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
antara kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar dengan
menggunakan pengajaran Reciprocal Teaching.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:16
Last Modified: 28 Nov 2022 01:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item
View Item