ALFIYATUN N., KHOIRUN NISAK (2019) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MODEL KARTU DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 1.1 SMPN 1 SEDATI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (679kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (35kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (130kB)
8. DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci :Keefektifan, Alat Peraga, Pemecahan Masalah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa yang rendah. Kurangnya pemahaman
konsep siswa salah satu faktornya. Salah satu solusimya dapat
menggunakan alat peraga. Alat peraga yang digunakan peneliti
adalah alat peraga model kartu pada materi bentuk aljabar guna
untuk meningkatkan kemapuan pemecahan masalah matematika
siswa.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan
penggunaan alat peraga model kartu dalam pemecahan masalah
matematika materi bentuk aljabar siswa kelas 1.1 SMPN 1 Sedati
Sidoarjo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMPN 1 Sedati Sidoarjo. Sampel yang digunakan adalah kelas 1.1
yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling purposive.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar tes yang terdiri dari pretest dan posttest.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik
analisis data kuantitatif.
Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa
penggunaan alat peraga model kartu pada materi bentuk aljabar
efektif dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas 1.1 SMPN
1 Sedati Sidoarjo karena hasil presentase ketuntasan belajar siswa
pada posttest lebih besar dari pada presentase ketuntasan belajar
siswa pada pretest.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 04:45 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 01:34 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1416 |