PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA NASIONAL PLUS SURABAYA

NURAINI, HIJJIAH ROHMA (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA NASIONAL PLUS SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (429kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (226kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (300kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Learning Start with a Question,
Strategi Pembelajaran Guided Teaching, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
matematika siswa karena kurang tepatnya penggunaan model
pembelajaran yang diajarkan, sehingga dibutuhkan suatu strategi
untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan adalah dengan menerapkan strategi Learning Start with a
Question.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi
pembelajaran aktif Learning Start with a Question terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas VII SMP Kartika Nasional Plus
Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang
menggunakan desain kuasi eksperimen dengan bentuk Posttest Only
Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa
kelas VII SMP Kartika Nasional Plus Surabaya. Sampel penelitian
ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII-2 yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas
kontrol. Penentuan sampel berdasarkan teknik purposive sampling.
Metode pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis
data yang digunakan adalah pehitungan uji – t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai lebih
besar dari (2,91 > ) yang berarti rata - rata hasil belajar
matematika siswa yang diajarkan menggunakan strategi Learning
Start with a Question lebih tinggi dari rata - rata hasil belajar siswa
yang menggunakan strategi Guided Teaching. Hal ini dibuktikan
vi
dengan selisih perolehan nilai rata – rata siswa yang diajarkan
menggunakan strategi Learning Start with a Question dan yang
diajarkan menggunakan strategi Guided Teaching sebesar 7,25.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh strategi
pembelajaran Learning Start with a Question terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP Kartika Nasional Plus Surabaya
pada materi Aljabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 05:38
Last Modified: 28 Nov 2022 02:06
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item
View Item