PERAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK USIA 4-5 TAHUN

HIDAYAH, FERISA ANDRIANTI (2022) PERAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK USIA 4-5 TAHUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.PDF] Text
1. HALAMAN DEPAN.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (35kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (83kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (134kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Hidayah, Ferisa Andrianti. 2022. Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap
Kemampuan Sosialisasi Anak Usia 4-5 Tahun. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing : Isabella Hasiana, S.
Psi., M. Psi.
Kata kunci : anak usia dini, kemampuan sosialisasi anak, pola asuh.
Kemampuan sosialisasi merupakan suatu kemampuan menjalin hubungan
dengan dua atau lebih individu, melalui proses penyesuaian diri bagaimana cara
hidup dan berfikir, serta berfungsi dalam kelompoknya. kemampuan sosial anak
menjadi penting untuk diperhatikan sebab dengan kemampuan sosialisasi yang baik
dapat membantu proses pengembangan kecerdasan anak dan membantu
menyongsong kesuksesan masa depan anak. Pengembangan kemampuan sosialisasi
anak dapat distimulasi melalui pola asuh. Setiap keluarga memiliki pola
pengasuhan yang berbeda-beda sehingga memberikan sebuah dampak berbeda juga
terhadap kemampuan sosialisasi anak.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
peran pola asuh orang tua terhadap kemampuan anak usia 4-5 tahun di desa Pakal
Sumberan Baru. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif
dengan cara pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian, subjek dari penelitian ini adalah 6 anak yang memiliki pola pengasuhan
demokratis, otoriter, kualitatif dan informan yang diambil berjumlah 13 orang yang
merupakan orang tua dan nenek yang membantu pengasuhan subjek.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil yaitu jenis
pola asuh yang diterapkan orang tua meninbulkan perbedaan kemampuan
sosialisasi pada anak usia 3-4 tahun di desa Pakal Sumberan Baru. Dengan pola
asuh demokratis yang digunakan menimbulkan lebih banyak dampak positif
terhadap kemampuan sosialisasi anak, daripada anak -anak yang mendapatkan pola
asuh otoriter maupun permisif. Seiring dengan berkembangnya penelitian ini,
ditemukan bahwa jumlah kelahiran anak dalam keluarga turut memberikan
pengaruh terhadap pola asuh orang tua dan kemampuan sosialisasi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:15
Last Modified: 16 Nov 2022 07:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item
View Item