EFEKTIVITAS TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR DARING PADA MAHASISWA

Apriliya, Pradana (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR DARING PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.PDF] Text
1. HALAMAN DEPAN.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (40kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (137kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (177kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Apriliya, Pradana. 2022. Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Daring Pada Mahasiswa. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kejenuhan belajar daring, Konseling kelompok, Restrukturisasi kognitif
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektivan teknik restrukturisasi kognitif dalam layanan konseling kelompok untuk mereduksi kejenuhan belajar daring pada mahasiswa BK UNIPA Surabaya. Rancangan penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design yang diberikan kepada 6 orang mahasiswa yang memiliki tingkat kejenuhan belajar daring tinggi yang diperoleh dari skor angket pre-test. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis non parametrik dengan uji Wilcoxon. Didapati hasil dari penelitian ini adalah nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,012. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan hasil akhir nilai post-test yang diberikan pada keenam mahasiswa tersebut menunjukkan adanya penurunan skor kejenuhan belajar yang semula keenam mahasiswa masuk pada kategori tinggi menjadi kategori rendah. Maka hasil dari penelitian ini berbunyi adanya pengaruh yang signifikan teknik restrukturisasi kognitif dalam layanan konseling kelompok untuk mereduksi kejenuhan belajar daring pada mahasiswa BK UNIPA Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:44
Last Modified: 21 Nov 2022 07:44
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item
View Item