Yuliawati, Disa (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI KARIER TERHADAP PEMAHAMAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA ITP SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (542kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (8kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (152kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (235kB)
Abstract
Yuliawati, Disa. 2022. Efektivitas Layanan Informasi Karier
Terhadap Pemahaman Karier Peserta Didik Kelas XII Di SMA ITP
Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya,
Pembimbing I Drs. Sutijono, M.M. Pembimbing II Maghfirotul
Lathifah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Layanan Informasi Karier, Pemahaman Karier
Layanan informasi karier adalah layanan bimbingan dan
konseling yang mendukung peserta didik untuk memperoleh
pengetahuan tentang karier. Penelitian ini bertujuan mengetahui
efektivitas layanan informasi karier terhadap pemahaman karier
peserta didik di SMA ITP Surabaya. Fenomena yang terdapat di SMA
ITP Surabaya adalah peserta didik terlambat mendaftar SNMPTN
karena peserta didik kesulitan mendaftar SNMPTN, kurang
memahami informasi karier yang diberikan guru BK, dan kurang aktif
dalam mencari informasi mengenai karier. Peneliti menggunakan
video animasi dan video tiktok karena penggunaan media tersebut
menjadi daya tarik untuk peserta didik dalam memperoleh informasi.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pra-eksperimen
menggunakan metode one grup pre-test post-test design. Populasi
pada penelitian ini berjumlah 30 peserta didik kelas XII MIA 2 SMA
Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. Sampel dalam penelitian ini
menerapkan purposive sampling yang memiliki tujuan tertentu
tentang pemahaman karier peserta didik, yaitu 1) peserta didik yang
kesulitan mendaftar SNMPTN, 2) Peserta didik yang tidak memahami
informasi karier, 3) Peserta didik yang kurang aktif mencari informasi
karier yang akan dipilih menjadi sampel. Metode pengumpulan data
yang dimanfaatkan yaitu skala pengukuran yang kemudian di uji
validitas menggunakan validitas konstruk. Analisis data yang
diterapkan adalah uji wilcoxon menggunakan SPSS for windows 26.0.
Berdasarkan hasil dari analisis uji wicoxon pada tabel test statistic
hasil perhitungan diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) = 0,028 < dari 0,05,
maka bisa dikatakan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa setelah pelaksanaan layanan informasi karier
dengan menggunakan video animasi dan video tiktok dapat
meningkatkan pemahaman karier peserta didik kelas XII MIA 2 di
SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya dengan menunjukkan
rendah, sedang, tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 02:27 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 02:27 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1587 |