EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DIALOG SOCRATES DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK

WAHYUDIANSAH, M. NAFIS (2022) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DIALOG SOCRATES DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (432kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (156kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wahyudiansah, M. Nafis. 2022. Efektivitas Konseling Kelompok Dengan
Teknik Dialog Socrates Dalam Meningkatkan Keterampilan
Berbicara Peserta Didik di Mts Roudlotul Banat Sidoarjo.
Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas
Pedagogi Dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing (1) Dr. JAHJU HARTANTI, M. Psi.
Pembimbing (2) Elia Firda Mufidah, S. Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Dialog Socrates, Keterampilan
Berbicara Peserta Didik
Keterampilan berbicara adalah keterampilan dasar yang harus
dimiliki oleh setiap peserta didik. keterampilan berbicara dirasakan
sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas. Pada era melinial
keterampilan berbicara sangat dibutuhkan dilapangan dalam berbagai
bidang. Faktanya banyak peserta didik di sekolah yang kurang
memadai dalam keterampilan berbicara. Peserta didik dengan
kemampuan berbicara yang baik akan dengan mudah bersosialisasi
dengan lingkungan sekitarnya. Peserta didik dengan keterampilan
berbicara yang memadai akan cepat menangkap serta memahami serta
menyampaikan pendapatnya kepada orang lain. peserta didik dengan
kemampuan serta keterampilan belajar yang kurang memadai
cenderung kurang bisa beradaptasi dengan orang-orang disekelilingnya.
Keadaan tersebut seringkali membuat peserta didik merasa gugup serta
menganggap dirinya kurang bisa bergaul dengan lingkungan sekitarnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan
jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one group
pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII
B dengan jumlah 7 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah angket dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar
kuisioner serta dokumentasi. Menggunakan metode analisi statistic
dengan rumusan yang digunakan adalah Ttest yang sesuai dengan judul
penelitian yaitu. Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik
Dialog Socrates Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta
Didik Di Mts Roudlotul Banat Sidoarjo Digunakan pre-test dan posttest one group design maka dengan uji t menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil paired samples test mengguakan aplikasi
SPSS versi 25 menunjukan bahwa hasil penelitian thitung yang
diperoleh yaitu (0,05). Sedangkan t-tabel yang diperoleh (0,00). Dari
hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t-hitung > t-tabel sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
antara Konseling Kelompok Dengan Dialog socrates terhadap
Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas VIII B Di Mts Roudlotul
Banat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:40
Last Modified: 22 Nov 2022 03:40
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item
View Item