HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP BURNOUT AKADEMIK MAHASISWA SE-KOTA SURABAYA

Vianindia, Aurora Dahlia (2022) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP BURNOUT AKADEMIK MAHASISWA SE-KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (559kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (132kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (228kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Vianindia, Aurora Dahlia. 2022. Hubungan antara Efikasi Diri dan
Prokrastinasi Akademik terhadap Burnout Akademik
Mahasiswa Se-kota Surabaya. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Cindy Asli
Pravesti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Burnout
Akademik
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara efikasi diri
dan prokrastinasi akademik terhadap burnout akademik mahasiswa
se-kota Surabaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Adapun desain penelitian kuantitatif yang digunakan
adalah desain korelasional yang bertujuan untuk memprediksi nilainilai dan model pengaruh hubungan antar variabel. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan
tiga skala. Adapun sampel penelitian yaitu sebanyak 270 Mahasiswa.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis
regresi berganda dengan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas,
uji heteroskedatisitas dan uji multikolinieritas. Analisis data
menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara efikasi diri
dan prokrastinasi akademik memiliki hubungan yang negatif dan
signifikan yaitu -7,391 dan 0,000. Terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara prokrastinasi akademik dengan burnout akademik,
yaitu 0,829 dan 0,000. Terdapat hubungan yang negative dan
signifikan antara efikasi diri dengan burnout akademik, yaitu -6,975
dan 0,000. Terdapat hubungan simultan antara efikasi diri dan
prokrastinai akademik terhadap burnout akademik secara positif dan
signifikan, dengan nilai Fhitung sebesar 93,875 > nilai Ftabel pada taraf
signifikansi 5% yaitu 3,00 dan signifikansi 0,000 < 0,05, yang artinya
variabel efikasi diri dan prokrastinasi akademik berpengaruh terhadap
burnout akademik. efikasi diri dan prokrastinasi akademik
menyumbang sebesar 41,3% pengaruh terhadap perilaku burnout
akademik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:09
Last Modified: 22 Nov 2022 04:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item
View Item