Dejo, Aurelius Irvan R (2022) HUBUNGAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA N I WRINGINANOM GRESIK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (322kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (39kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (189kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (155kB)
Abstract
Dejo R,Irvan A. 2022. Hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Wringinanom Gresik. Program Studi Bimbingan dan konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembibing Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: pergaulan, teman sebaya, prestasi belajar, siswa
Fenomena yang terjadi saat ini pergaulan sebagian besar siswa dengan teman sebayanya sudah dalam kategori berkualitas tentu akan semakin mendorong dan memberikan semangat siswa untuk rajin belajar dan meraih prestasi belajar yang tinggi. Pergaulan teman sebaya sangat berpengaruh pada pembentukan dorongan prestasi siswa, hal ini dapat dilihat dengan siapa bergaul, aktivitas apa saja yang dilakukan saat bergaul, dan sejauh mana intensitas pergaulan terjadi.
Berdasarkan hasil analisis, pembahasan dan kesimpulan yang telah dijelaskan sebelumnya, maka peneliti memberikan saran kepada beberapa pihak diantaranya yaitu para siswa diharapkan berusaha untuk meningkatkan kualitas pergaulan dengan pandai memilih teman untuk bergaul, selektif saat bergabung dalam kegiatan kelompok.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Wringinanom Gresik dengan jumlah 158 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Uji validitas perbutir dihitung dengan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan rumus koefisien korelasi product moment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian ex-post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial.
Berdasarkan analisis data hasil penelitin ini menunjukan tidak adanya korelasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut dengan nilai r = 0,030 dan nilai p = 0,812 untuk pergaulan teman sebaya. Untuk prestasi belajar menunjukan nilai r = 0,200 dan nilai p = 0,812. Jumlah tersebut menunjukan bahwa 0,812 > 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 02:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 02:01 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1607 |