Reading Strategies Used by Extrovert and Introvert Junior High School Students

Wardhana, Arizal Riski (2019) Reading Strategies Used by Extrovert and Introvert Junior High School Students. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (742kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (116kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (317kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wardhana, Arizal Riski 2019. Strategi Membaca yang Dipakai oleh Siswa Ekstrovert dan Siswa Introvert Sekolah Menengah
Pertama. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1)Dyah Rochmawati, S.Pd., M.Pd., (2) Dra. Joesasono O.S.,M.Pd.
Kata Kunci: strategi membaca, tipe-tipe kepribadian, siswa
ekstrovert, siswa introvert, kuesioner-kuesioner.
Strategi membaca adalah istilah luas yang digunakan untuk
menggambarkan tindakan terencana dan eksplisit yang membantu
pembaca menerjemahkan cetak ke makna. Strategi yang
meningkatkan keterampilan membaca dan memahami manfaat
membaca setiap siswa. Dalam dua dekade terakhir, telah terjadi kemajuan dalam menentukan strategi yang paling efektif untuk pengajaran membaca. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha mengungkap apa strategi membaca yang digunakan oleh siswa SMP yang ekstrovert dan introvert.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti
mengambil data dari hasil kuesioner karakter siswa dan respons siswa terhadap pelajaran. Peneliti mengumpulkan data sebelum proses belajar mengajar untuk mengidentifikasi tipe kepribadian mereka, dan mengambil catatan bidang pengajaran dan pembelajaran selama kegiatan belajar mengajar, dan kemudian melakukan wawancara kepada siswa untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap pelajaran yang mereka lewati. Teknik analisis kuesioner untuk menggambarkan dan mengklasifikasikan data yang dikumpulkan dengan teori adalah
dengan menerapkan teori oleh Brantmeier (2002), Hadley (2003), dan Niaman (2003). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa peserta adalah pengguna strategi membaca sedang. Strategi mereka yang paling sering adalah
strategi kognitif, diikuti oleh strategi metakognitif dan dukungan. Kesimpulan mengenai antara siswa ekstrovert dan siswa introvert, ada perbedaan yang harus dipertimbangkan untuk menjelaskan penggunaan strategi membaca mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:01
Last Modified: 15 Dec 2022 03:03
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item
View Item