PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PENDIDIKAN SEKS USIA DINI BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SLB-C ALPHA KUMARA WARDHANA I SURABAYA

PADMADIANI, ANNISA (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PENDIDIKAN SEKS USIA DINI BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SLB-C ALPHA KUMARA WARDHANA I SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (660kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (325kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (962kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Padmadiani, Annisa. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif untuk
Pendidikan Seks Usia Dini Bagi Siswa Tunagrahita Di SLB-C Alpha Kumara
Wardhana I Surabaya. Proposal. Program Studi Pendidikan Khusus.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) M. Nurrohman
Jauhari, S. Pd, M. Pd. Pembimbing (2) Lutfi Isni Badiah, S. Pd, M. Pd.
Kata kunci: anak tunagrahita, media pembelajaran, pendidikan seks
Anak tunagrahita juga sama seperti anak normal pada umumnya yang
memiliki perkembangan seksual. Sayangnya masyarakat masih banyak yang
beranggapan bahwa anak tunagrahita tidak memiliki hasrat seksual. Kurangnya
pendidikan seks usia dini pada anak tunagrahita merupakan masalah yang serius.
Mereka rentan terhadap pelecehan seksual. Anak tunagrahita tidak paham dengan
anggota tubuhnya. Karena itu dibutuhkan bimbingan dan strategi untuk
memberikan pelayanan pendidikan seks usia dini untuk anak tunagrahita.
Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian pre experimental karena tidak terdapat kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
untuk dibandingkan. Penelitian menggunakan desain penelitian one group pre-test
post-test, dimana desain ini melibatkan satu kelompok diberi pre-test, treatment,
dan post-test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan
penghitungan statistik t-test berpasangan (paired). Layanan dengan media
pembelajaran interaktif untuk pendidikan seks usia dini dilakukan secara 3 tahap,
(1) pre-test, (2) perlakuan, (3) post-test agar terlihat apakah ada perkembangan dari
pre-test ke post-test. Penelitian dilakukan pada 10 orang anak tunagrahita SLB -C
Alpha Kumara Wardhana I Surabaya yang kemudian akan diolah dengan uji
statistik t-test berpasangan (paired). Hasil yang didapat dari pre-test dan post-test
berdasar nilai signifikansi (Sig.). adalah 0.00 yang berarti Sig.tailed < 0,05 maka
H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diambil kesimpulan media pembelajaran
interaktif berpengaruh terhadap pendidikan seks usia dini bagi anak tunagrahita di
SLB-C Alpha Kumara Wardhana I Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Khusus (PKh)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:16
Last Modified: 23 Nov 2022 07:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item
View Item