PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PBL DENGAN STRATEGI VCT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMAN

Zulfa, Luluk (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PBL DENGAN STRATEGI VCT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (479kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (102kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Zulfa, Luluk 2020. “Pengaruh Penggunaan Model PBL dengan
Strategi VCT terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VII
SMP Negeri 1 Taman”. Program Studi Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing Drs. Suhari, S.H., M.Si.
Kata Kunci: Model PBL dengan Strategi VCT, hasil belajar
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya permasalahan yang
terjadi di bidang pendidikan. Berdasarkan observasi dapat diketahui
pembelajaran PKn ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)
peserta didik tidak antusias, membosankan dan saat proses
pembelajaran pendidik lebih aktif dari pada peserta didik.
Permasalahan tersebut dapat di atasi dengan inovasi membelajaran
yaitu dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan strategi
VCT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model PBL dengan strategi VCT terhadap hasil belajar
PKn siswa kelas VII SMP Negeri 1 Taman.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf. Desain penelitian
ini menggunakan Quasi Experiment dengan rancangan one grup
pretest and posttest design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 1
kelompok kelas yang berjumlah 37 orang siswa dengan teknik
pengambilan sampel random sampling. Teknik pengambilan data
menggunakan tes dan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu
analisis uji t dengan dihitung menggunakan SPSS Version 20 For
Windows dengan tingkat signifikan (α) 0,05 atau 5 %.
Berdasarkan hasil penelitian data yang dilakukan maka hasil
penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan model PBL
dengan strategi VCT terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP
Negeri 1 Taman, ditunjukkan dengan p-value 0,000 lebih kecil (<)
0,05 bahwa tolak Ho dan diterima Ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:59
Last Modified: 23 Nov 2022 08:00
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item
View Item