Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika

Anggarani, Enggal (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (682kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (219kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita
Matematika.
Kemampuan pemecahan masalah pada penelitian ini untuk
mengetahui kesulitan pemecahan masalah siswa pada soal cerita.
Pada kenyataannya kemampuan ini belum dikuasai sepenuhnya oleh
siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan
pemecahan masalah siswa kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya
dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori pemecahan masalah Polya.
Penelitian ini metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data
menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan analisis deskriptif dari Miles dan Hubermen yaitu
data reduction, data display, dan verification.
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian, dapat diambil
kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V
SDN Menanggal 601 Surabaya dalam menyelesaikan soal cerita
matematika sebanyak 32 siswa, diambil 5 siswa yang mempunya
kategori sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Dilihat
dari hasil analisis di setiap kategori yang diambil dari penilaian
menurut Polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan
masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa
kembali, dari empat indikator terlihat paling banyak ditemukan
kesalahan pada tahapan merencanakan pemecahan masalah tidak
menuliskan simbolisasi cerita matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:11
Last Modified: 22 Dec 2022 11:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1719

Actions (login required)

View Item
View Item