HABIBAH, SITI AISYATUN NUR (2020) PENGARUH MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KEBONDALEM MOJOSARI TAHUN AJARAN 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (533kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (328kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (125kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (903kB)
Abstract
Kata Kunci :Model Pendidikan Matematika realistik (PMR)berbasis
HOTS, Matematika, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam
pembelajaran Matematika siswa SD. Jenis penelitian ini
adalah penelitian ini Pre- Eperimental dengan rancangan one
grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebondalem tahun ajaran
2019/2020. Kemudian diangkat sampel dengan teknik sampling
jenuh sehingga seluruh populasi terpilih sebagai sampel
penelitian yang dijadikan sebagai kelas eksperimen atau yang
diberi perlakuan dengan pendekatan PMR yaitu kelas V
sebanyak 32 orang. Materi yang diangkat dalam penelitian ini
yaitu Debit. Debit adalah suatu kecepatan aliran zat cair per
satuan waktu. Pengumpulan data penelitian mengunakan
instrumen yang meliputi tes, lembar observasi. Data yang
dikumpulkan terdiri dari data aktivitas guru dalam
pembelajaran, data aktivitas siswa dalam pembelajaran dan
data hasil tes siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan
pendekatan PMR memberikan simpulan penelitian bahwa: (1)
Ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran memenuhi
kriteria ketuntasan secara klasikal, yaitu diperoleh ketuntasan
vi
klasikal siswa kelas eksperipen diatas 85 yaitu 87,5. (2)
Aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah efektif, yaitu semua
aktivitas yang diobservasi dalam kegiatan pembelajaran
memenuhi kriteria keefektifan. (3) Aktivitas ssiwa terhadap
pembelajaran adalah positif, yaitu respon siswa terhadap semua
aspek perangkat berada di atas 80 yaitu sebesar 90. Dengan
demikian terdapat pengaruh dalam pembelajaran menggunakan
model PMR.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 04:20 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 15:44 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1720 |