PANGESTHI, RESTIANING (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (924kB)
2. Abstrak.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (141kB)
3. BAB I.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (83kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Dalam pembelajaran, kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang diajarkan akan mempengaruhi belajar peserta didik
hasil. Oleh karena itu, harus diterapkan pada bahan ajar yang dapat disampaikan dengan baik. Salah satu diantara mereka
adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dapat membuat siswa lebih aktif selama pembelajaran
proses pembelajaran karena dalam model pembelajaran siswa diminta untuk menemukan pasangan kartu dan jawabannya
agar pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan dan tersampaikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPS Tema 4
Subtema 1 Pembelajaran 5 peserta kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment Design) tipe nonequivalent control
desain kelompok. Jenis draf penelitian ini adalah Posttest control group design, dalam penelitian ini menggunakan dua kelas
yaitu kelas IV-B sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Di kelas eksperimen adalah
diberikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan a
model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat
hasil tes masing-masing kelas yang merupakan nilai posttest. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan
teknik (tes-t).
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis (test-T) diperoleh H0 ditolak dan H1
diterima. Dengan demikian dapat dibuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a
sesuai dengan hasil belajar IPS Tema 4 subtema 1 Pembelajaran 5 siswa Kelas IV SDN Tenggilis
Mejoyo I Surabaya.
Kata kunci: Make a Match, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 07:05 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 15:25 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1746 |