PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS HOTS PADA SISWA KELAS 4 SDN GAYUNGAN II SURABAYA TAHUN AJARAN 2019-2020

Handayani, Wiwin Nur (2020) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS HOTS PADA SISWA KELAS 4 SDN GAYUNGAN II SURABAYA TAHUN AJARAN 2019-2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (459kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (210kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (168kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Think Pair Share (TPS), HOTS
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih
adanya siswa yang malu dalam menyampaikan pendapat dan tidak
dapat mengidentifikasi faktor-faktor masalah dalam materi
pembelajaran, sehingga pembelajaran relatif monoton serta
minimnya proses berpikir secara analitis. Sebagai suatu kegiatan
yang sadar akan tujuan pembelajaran, maka melalui penerapan model
pembelajaran TPS berbasis HOTS diharapkan dapat menumbuhkan
kesadaran diri dan melatih kemampuan siswa mengenai berpikir
tingkat tinggi dan menumbuhkan pemikiran yang kritis, cermat dan
analitis.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif.
Populasi yang digunakan adalah kelas 4 SDN Gayungan II Surabaya
yaitu kelas 4A dan 4B. Pengambilan sampel menggunakan teknik
Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil adalah kelas 4A.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan
tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan statistik deskriptif persentase (kuantitatif deskriptif).
Berdasarkan hasil analisa data penelitian, diketahui bahwa
aktivitas guru, aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar dalam
penerapan model TPS berbasis HOTS berkategori sangat baik. Skor
aktivitas guru sebesar 94, skor aktivitas siswa sebesar 92 dan
persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87%. Berdasarkan
uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan siswa
dalam penerapan model TPS berbasis HOTS sangat baik dan dapat
memberikan ketuntasan hasil belajar siswa kelas 4A SDN Gayungan
II Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:00
Last Modified: 20 Dec 2022 13:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item
View Item