PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X-KR

RIZKY, Shanen Lady (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X-KR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of lampiran depan.pdf] Text
lampiran depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (609kB)
[thumbnail of ABSTRAK SHANEN.pdf] Text
ABSTRAK SHANEN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (342kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (167kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAK.pdf] Text
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Lady, Shanen. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X-KR di SMKN 1 SOOKO
MOJOKERTO. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing : 1. Dra. Sri Rahayu, S. Si.,M.Pd.
2. Restu Ria Wantika, S.Pd., M.Si
Kata Kunci : model pembelajaran cooperative script,model pembelajaran
konvensional, hasil belajar.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
siswa karena pembelajaran disekolah cenderung menggunakan model
pembelajaran konvensional dimana gurunya menjadi pusat perhatian (teacher
centered) sehingga siswa cenderung merasa bosan dan mengalami kesulitan
dalam memahami materi yang diajarkan gurunya. Untuk itu perlu adanya model
pembelajaran dengan suasana yang aktif agar siswa memahami konsep materi
yang diajarkan tersebut dan tidak bosan. Salah satu langkah yang dapat
ditempuh adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script
(Pembelajaran Kooperatif). Dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Sehingga dalam rumusan masalah pada penelitian ini membahas apakah ada
pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar di
SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar
kelas X- KR yang diajarkan dengan model pembelajaran cooperative script dan
dengan model pembelajaran konvensional pada materi persamaan dan
pertidaksamaan linear tiga variabel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-KR SMKN 1
SOOKO MOJOKERTO Tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan sampel penelitian
ini adalah siswa kelas X-KR I berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan
X-KR II yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian posstest only control
desaign. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode tes. Data
yang dianalisa dalam Uji-t diperoleh thitung = 2,1364 dan ttabel = 2,0003 dengan
taraf signifikan 5% sehingga nilai thitung ˃ ttabel yaitu 2,1364 ˃ 2,00030. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas X-KR di SMKN 1 SOOKO
MOJOKERTO. Yang artinya bahwa model pembelajaran cooperative script
cocok digunakan untuk kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 05:14
Last Modified: 28 Nov 2022 06:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item
View Item