PENGARUH SUMBER BELAJAR BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS V SDN KEBOAN ANOM SIDOARJO

HADI, RATIH PUSPITA (2020) PENGARUH SUMBER BELAJAR BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS V SDN KEBOAN ANOM SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (690kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (137kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (398kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (372kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : sumber belajar, blog, hasil belajar, mata pelajaran
matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengulas implementasi penggunaan
blog sebagai sumber belajar serta untuk mengetahui pengaruh dan
aktivitas penggunaan sumber belajar blog terhadap hasil belajar
peserta didik kelas V mata pelajaran matematika, dengan
menggunakan sumber belajar yang menarik dan inovatif dapat
membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Penggunaan blog
merupakan suatu upaya untuk mengefektifkan dan memberikan suatu
variasi dalam ranah sumber belajar.
Pembuatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang
berjumlah 133 peserta didik, pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas
eksperimen V-D dan kelas kontrol V-B masing-masing kelas
berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes hasil belajar dan observasi hal-hal yang berhubungan dengan
topik yang diteliti. Teknik analisis data menggunakan Uji-T dengan
program SPSS.
Hasil penelitian ini adalah pengaruh penggunaan blog sebagai
sumber belajar kelas V materi bangun ruang di SDN Keboan Anom
Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020 memperoleh kriteria baik dan
pengaruh blog terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh nilai
signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:32
Last Modified: 22 Dec 2022 11:44
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item
View Item