ANALISIS KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV DI SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO

Iswara, Febriana (2020) ANALISIS KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV DI SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (278kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (30kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (85kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (502kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: pendidikan karakter, karakter disiplin, karakter
tanggung jawab, model discovery learning.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penerapan
pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa didalam
kegiatan pembelajaran, sehingga seorang guru di tuntut mampu
menggunakan model pembelajaran yang cocok untuk memunculkan
sekaligus menanamkan pendidikan karakter di dalam jiwa siswa.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakter disiplin dan
tanggung jawab siswa melalui model discovery learning pada kelas IV
di SDN Sedatigede II Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan
kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sumber dari penelitian ini adalah siswa
kelas IV-C kelompok Sulawesi dan kelompok Jawa. Analisis data
dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik, reduksi
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian analisis karakter
disiplin dan tanggung jawab melalui model discovery learning dalam
kegiatan pembelajaran dapat di munculkan berawal dari guru
menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran, orientasi pada
masalah terkait pemberian tugas secara individu maupun kelompok,
pelaksanaan penelitian/pengamatan tugas, pelaksanaan persentasi
hasil pekerjaan, dan evaluasi dari hasil kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:39
Last Modified: 22 Dec 2022 11:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item
View Item